Senin, 19 Juni 2017

Apa peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya?

Banyak orang yang terkadang bingung dengan pribadi Roh Kudus. Kita berdoa kepada Bapa dan diselamatkan oleh Tuhan Yahshua, jadi sebenarnya kenapa harus ada Roh Kudus dan apa peran-Nya dalam kehidupan kita?


Langsung saja tanpa basa-basi, kita kutip ayat-ayat Kitab Suci dari:

Yohanes 14:16-17, 26; Yohanes 16:8-11, 13-15/John 14:16-17, 26; John 16:8-11, 13-15


TB:
Yohanes 14:
16. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.
17. yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

26. tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:
8. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
9. akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
10. akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
11. akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

13. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.
15. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.


ILT:
Yohanes 14:
16. "Dan Aku akan meminta kepada Bapa, dan Dia akan mengaruniakan kepadamu Penghibur yang lain, supaya Dia tinggal bersama kamu selamanya.
17. yaitu Roh Kebenaran, yang dunia tidak dapat menerimanya, karena dunia tidak melihat Dia, juga tidak mengenal-Nya. Namun kamu mengenal-Nya karena Dia tinggal bersama kamu dan akan berada di dalam kamu.

26. Namun Penghibur, yakni Roh Kudus, yang akan Bapa utus dalam Nama-Ku, Dia akan mengajar kamu segala sesuatu, dan akan mengingatkan kamu segala sesuatu yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:
8. Dan apabila sudah datang, Dia akan menempelak dunia mengenai dosa, dan mengenai kebenaran, dan mengenai penghakiman.
9. Mengenai dosa, sesungguhnya, karena mereka tidak percaya kepada-Ku.
10. Dan mengenai kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa-Ku dan kamu tidak melihat Aku lagi.
11. Dan mengenai penghakiman, karena penghulu dunia ini telah dihakimi.

13. Namun bilamana Roh Kebenaran itu telah datang, Dia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, karena Dia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri, melainkan apa saja yang telah Dia dengarkan, Dia akan mengatakannya; Dia juga akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14. Dia akan memuliakan Aku, karena dari pada-Ku Dia akan menerima apa yang menjadi milik-Ku dan Dia akan menunjukkannya kepadamu.
15. Segala sesuatu, apa saja yang Bapa miliki, adalah milik-Ku, karena itu Aku berkata bahwa dari pada-Ku Dia akan menerima apa yang menjadi milik-Ku, dan Dia akan menunjukkannya kepadamu.


KJV:
John 14:
16. And I will pray the Father, and he shall give you another Comforter, that he may abide with you for ever;
17. Even the Spirit of Truth; whom the world cannot receive, because it seeth him not, neither knoweth him; but ye know him; for he dwelleth with you, and shall be in you.

26. But the Comforter, which is the Holy Ghost, whom the Father will send in my name, he shall teach you all things, and bring all things to your remembrance, whatsoever I have said unto you.

John 16:
8. And when he is come, he will reprove the world of sin, and of righteousness and of judgement:
9. Of sin, because they believe not in me;
10. Of righteousness, because I go to my Father, and ye see me no more;
11. Of judgement, because the prince of this world is judged.

13. Howbeit when he, the Spirit of truth, is come, he will guide you into all truth: for he shall not speak of himself; but whatsoever he shall hear, that shall he speak: and he will shew you things to come.
14. He shall glorify me: for he shall receive of mine, and shall shew it unto you.
15. All things that the Father hath are mine: therefore said I, that he shall take of mine, and shall shew it unto you.


JGLT:
John 14:
16. And I will petition the Father, and He will give you another Comforter, that He may remain with you to the age.
17. the Spirit of Truth; whom the world cannot receive because it does not see Him nor know Him. But you know Him, for He abides with you and shall be in you.

26. but the Comforter, the Holy Spirit, whom the Father will send in My name, He shall teach you all things and shall remind you of all things that I said to you.

John 16:
8. And having come, that One will convict the world concerning sin, and concerning righteousness, and concerning judgment.
9. Concerning sin, because they do not believe into Me;
10. and concerning righteousness, because I am going to the Father, and you no longer see Me;
11. and concerning judgment, because the ruler of this world has been judged.

13. But when that One comes, the Spirit of Truth, He will guide you into all Truth, for He will not speak from Himself, but whatever He hears, He will speak; and He will announce the coming things to you.
14. That One will glorify Me, for He will receive from Mine and will announce to you.
15. All things which the Father has are Mine. For this reason I said that He receives from Mine, and will announce to you.


HCSB:
John 14:
16. And I will ask the Father, and He will give you another Counselor to be with you forever.
17. He is the Spirit of truth. The world is unable to receive Him because it doesn't see Him or know Him. But you do know Him, because He remains with you and will be in you.

26. But the Counselor, the Holy Spirit--the Father will send Him in My name--will teach you all things and remind you of everything I have told you.

John 16:
8. When He comes, He will convict the world about sin, righteousness, and judgment:
9. about sin, because they do not believe in Me;
10. about righteousness, because I am going to the Father and you will no longer see Me;
11. and about judgment, because the ruler of this world has been judged.

13. When the Spirit of truth comes, He will guide you into all the truth. For He will not speak on His own, but He will speak on His own, but He will speak whatever He hears. He will also declare to you what is to come.
14. He will glorify Me, because He will take from what is Mine and declare it to you.
15. Everything the Father has is Mine. This is why I told you that He takes from what is Mine and will declare it to you.


CJB:
John 14:
16. and I will ask the Father, and he will give you another comforting Counselor like me, the Spirit of Truth, to be with you forever.
17. The world cannot receive him, because it neither sees or knows him. You know him, because he is staying with you and will be united with you.

26. But the Counselor, the Ruach HaKodesh, whom the Father will send in my name, will teach you everything; that is, he will remind you of everything I have said to you.

John 16:
8. "When he comes, he will show that the world is wrong about sin, about righteousness and about judgment -
9. about sin, in that people don't put their trust in me;
10. about righteousness, in that I am going to the Father and you will no longer see me;
11. about judgment, in that the ruler of this world has been judged.

13. However, when the Spirit of Truth comes, he will guide you into all the truth; for he will not speak on his own initiative but will say only what he hears. He will also announce to you the events of the future.
14. He will glorify me, because he will receive from what is mine and announce it to you.
15. Everything the Father has is mine; this is why I said that he receives from what is mine and will announce it to you.


HRB:
John 14:
16. And I will petition the Father, and He will give you another one which will end the curse*, that He may remain with you forever,
17. the Spirit of Truth, whom the world cannot receive because it does not see it or know it. But you know it, for it dwells with you and shall be in you.

26. But the Redeemer, the Holy Spirit, whom my Father will send in My name will teach you everything. And it will remind you of everything that I said to you.

* Penjelasan tentang ini ada di footnote (catatan kaki) Hebraic Roots Bible, kata dari bahasa aslinya jika diterjemahkan adalah berarti "yang menghentikan kutuk"(one who ends the curse), dan hal ini mengacu kepada kutuk yang diterima Adam karena melanggar perintah Elohim, and kutuk ini "diangkat"(lifted) oleh Roh Kudus.

John 16:
8. And having come, that One will convict the world concerning sin, and concerning righteousness, and concerning judgment.
9. Concerning sin, because they do not believe into Me;
10. and concerning righteousness, because I am going to the Father, and you no longer see Me;
11. and concerning judgment, because the ruler of this world has been judged.

13. But when that One comes, the Spirit of Truth, it will guide you into all Truth, for it will not speak form itself, but whatever it hears, it will speak; and it will announce the coming things to you.
14. That One will glorify Me, for He will receive from Mine and will announce to you.
15. All things which the Father has are Mine. For this reason I said that He receives from Mine, and will announce to you.



Baiklah, dari ayat-ayat diatas mari kita bahas peran Roh Kudus (Ruach HaKodesh) dalam kehidupan orang percaya :
1. Sebagai Penghibur/Comforter/Counselor (ayat 16) yang menyertai kita selamanya.
2. Dari HRB, Roh inilah yang akan menghentikan "kutuk" dari kita.
3. Mengajarkan kepada kita segala sesuatu.
4. Mengingatkan kita kepada segala sesuatu yang telah diajarkan oleh Tuhan Yahshua.
5. Mengabarkan hal-hal yang akan datang kepada kita.* penting
6. Mengabarkan kepada kita segala sesuatu yang diterima-Nya dari Tuhan Yahshua.
7. Mengingatkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman.

Beberapa keterangan tambahan:
1. Peran Roh Kudus sebagai Penghibur berarti Dia akan menyertai kehidupan orang percaya sampai selamanya dan tinggal di dalam mereka yang percaya kepada Tuhan Yahshua.  Itulah sebabnya dikatakan bahwa kita adalah bait Elohim (1 Korintus 3:16-17; 6:19) karena Dia tinggal di DALAM kita.
2. Yang menghentikan "kutuk", maksudnya adalah Roh Kudus yang akan mengakhiri dosa pemberontakan kita terhadap Elohim. Bagaimana cara Dia melakukan hal ini? Dengan merubah kita yang mau mendengar tuntunan-Nya. Untuk apa kita berubah? Agar kita menghasilkan buah-buah Roh yang adalah perubahan karakter.
3. Mengajarkan segala sesuatu. Untuk memahami peran dalam poin ini dan berikutnya haruslah membahas tentang "praktek" hidup kekristenan. Apakah kita meluangkan waktu membaca firman setiap hari? Kalau kita membaca firman setiap hari, maka pada saat-saat tertentu, sesuai dengan kehendak-Nya, Roh Kudus dapat menyingkapkan firman yang telah kita baca NAMUN belum kita mengerti. Dan ketika Roh Kudus mengajar, maka hal yang tadinya bisa hanya berupa satu ayat atau satu perikop, berkembang menjadi pengertian yang sangat mendetail bagi kita. Inilah yang disebut pewahyuan. 
Perlu diingat, pewahyuan ini TIDAK TERBATAS hanya pada firman Tuhan, tetapi dalam SEGALA SESUATU bisa pengetahuan dunia maupun masalah sehari-hari atau pekerjaan, baik itu hal-hal yang sudah kita ketahui MAUPUN yang belum kita ketahui. Hanya orang percaya yang pernah mengalami hal ini secara nyata dapat mengerti sepenuhnya.
4. Mengingatkan kita tentang hal-hal yang diajarkan oleh Tuhan. Hal ini berkaitan erat dengan poin ketiga diatas karena ketika Roh Kudus mengingatkan kita tentang ayat-ayat firman secara khusus, hal itu bisa saja untuk mengajarkan kita sesuatu hal yang baru, atau untuk menyatakan kepada kita sesuatu hal yang secara khusus berkaitan dengan kehidupan kita misalnya saja masalah yang sedang kita hadapi.
5. Mengabarkan hal-hal yang akan datang kepada kita. Hal ini sangat penting sekali dalam kehidupan kekristenan bahkan akan sangat berdampak apalagi jika hal-hal yang diberitakan itu adalah hal-hal yang mempengaruhi lingkungan sekitar kita, misalnya bencana alam, kecelakaan, musibah dsb. Mengapa? Karena kita tidak akan terkejut lagi menghadapi masalah-masalah di masa mendatang toh sudah kita ketahui sebelumnya. Orang-orang yang telah dikabari hal-hal yang akan datang ini akan bernubuat, dan umumnya mereka akan dianggap sebagai "nabi". Padahal kalau melihat dari ayat ini, berarti SETIAP orang percaya dipanggil untuk menjadi NABI karena Roh Kudus dapat berbicara kepada setiap orang tentang hal-hal yang akan datang. 
6. Mengabarkan segala sesuatu yang diterima-Nya dari Tuhan Yahshua. Apa yang diterima oleh Roh Kudus dari Tuhan? Perhatikan ayat Yohanes 16:15, bahwa segala milik Bapa adalah milik Putra, oleh karena itu apa saja yang bisa diterima Roh Kudus dari Tuhan? Jawabannya sederhana : APA SAJA. Bisa mujizat-mujizat, berkat-berkat, pewahyuan, hal-hal yang akan datang. APA SAJA.
7. Mengingatkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman. Untuk bagian ini, sekalipun ini di kehidupan orang percaya, tetapi dampaknya adalah untuk dunia, BUKAN untuk orang percaya (yang benar-benar percaya bukan yang setengah hati percaya). 
Hal ini berlaku ketika misalnya orang-orang dunia ini diinjili atau mendengar tentang Tuhan Yahshua dari orang-orang percaya ataupun dari sumber lain. Maka yang pertama sekali akan diingatkan Roh Kudus kepada orang yang bersangkutan adalah DOSA, karena mereka belum atau tidak percaya kepada Tuhan. Akan KEBENARAN, bahwa Tuhan Yahshua adalah kebenaran sekalipun saat ini Dia ada bersama Bapa di surga dan tidak terlihat di dunia ini. Dan akan penghakiman.


Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul:
1. Yahshua adalah seorang laki-laki ketika menjadi manusia, dan Dia menyebut El Elyon sebagai "Abba" yang berarti Bapa. Tentunya sekalipun pada awalnya segala makhluk surgawi tidak memiliki gender, tetapi hal ini telah menegaskan bahwa Elohim dan Mesias adalah laki-laki. Kalau demikian, apa gender dari Ruach HaKodesh?
2. Apa hubungan roh kita dengan Ruach HaKodesh/Roh Kudus?
3. Apakah Roh Kudus sama dengan Bapa dan Tuhan Yahshua?
4. Kapan saat-saat Roh Kudus mengajar kita?

Jawab : 
1. Gender dari Ruach HaKodesh......kalau kita membaca dari ayat-ayat firman diatas, maka jelas bahwa banyak terjemahan bahasa Inggris menggunakan kata ganti "he" yang berarti laki-laki, tetapi hanya HRB yang menggunakan kata ganti "it" yang dalam konteks ini mungkin digunakan karena tidak bisa dikatakan laki-laki atau perempuan. Tetapi kalau menurut penulis, ada ayat-ayat yang sepertinya "memberi petunjuk" bahwa tiga pribadi (Bapa, Anak, dan Roh Kudus) dapat dipandang sebagai suatu keluarga (sekali lagi, ini hanya menurut pandangan penulis) yang terdiri dari Bapa, Ibu, dan Anak. 
Ayat-ayat tersebut adalah:
a. Matius 1:18, disebutkan mengandung dari Roh Kudus BUKAN dari ELOHIM.
Mengapa bukan disebut mengandung dari Elohim?
b. Markus 3:29, Lukas 12:10, disebutkan menghujat Roh Kudus BUKAN menghujat ELOHIM.
Dari ayat ini, yang penulis simpulkan adalah Tuhan Yahshua sangat "menghargai/menyayangi" Roh Kudus. Harap tidak salah dimengerti, Tuhan Yahshua dan Bapa sangatlah dekat dan dalamnya kasih mereka tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata manusia, tetapi mengapa di ayat ini yang disebut adalah Roh Kudus bukan Bapa? Dan hukuman yang diberikan adalah hukuman terberat yaitu tidak ada pengampunan.

Jadi sekalipun tidak ada ayat yang secara pasti menuliskan bahwa gender Roh Kudus di dalam Kitab Suci DAN penulis tidak berencana menjelaskan LEBIH dari Kitab Suci, dapat disimpulkan bahwa Tuhan Yahshua mempunyai keintiman yang berbeda dengan Bapa dan dengan Roh Kudus. Penulis hanya bisa menyimpulkan bahwa Roh Kudus begitu dihargai oleh Tuhan Yahshua seperti figur seorang Ibu.

2. Penjelasan untuk hal ini juga terdapat di Kumpulan Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo Volume 4 : 4 Wajah. Sebelum manusia jatuh ke dalam dosa, Elohim berhubungan dengan roh manusia terlebih dahulu dan kemudian roh akan menyampaikan/memerintahkan jiwa manusia dan jiwa manusia menggerakkan tubuh. Maka setelah kita menjadi orang percaya, roh kita "bangun" dari tidurnya dan berhubungan dengan Elohim(Bapa, Tuhan Yahshua, dan Roh Kudus) dan jika roh kita bertambah kuat maka kita bisa semakin intim dengan Roh Kudus. Caranya? Setelah kita kepenuhan Roh Kudus, biasanya diikuti tanda berbahasa lidah/roh. Jika kita berbahasa lidah setiap hari, maka seperti yang tertulis bahwa roh kita berdoa kepada Elohim dan menyatakan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan oleh jiwa(pikiran) kita. ATAU secara sederhananya roh kita berhubungan dengan Elohim.
Kesimpulannya : Ketika belum percaya, roh kita tidak mempunyai hubungan apapun dengan Elohim (Bapa, Putra, dan Roh Kudus), tetapi ketika kita menjadi orang percaya, roh kita "bangkit/bangun" dan jika kita bisa berbahasa lidah, maka roh kita akan berdoa kepada Elohim. Selain itu, jika Roh Kudus ingin berbicara kepada kita, maka roh kita yang terlebih dahulu akan peka terhadap panggilan Roh Kudus BUKAN jiwa kita.

3. Elohim (kata dalam bentuk jamak/plural) terdiri dari 3 pribadi, yaitu Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Dan 3 pribadi ini berbeda satu sama lain. SAMA SEKALI TIDAK SAMA. Bukti paling konkret terdapat di 4 Injil dan Kisah Para Rasul. Banyak orang yang menganggap pribadi-pribadi ini adalah sama persis, tetapi hal itu berarti orang tersebut tidak mengenal Elohim DAN tidak cukup mengerti (atau bahkan tidak membaca) Kitab Suci. Ada saat-saatnya dimana kehendak 3 pribadi ini berbeda satu dengan yang lain. Dan hal itu sudah jelas menyatakan bahwa ketiga pribadi ini adalah berbeda. Yang sama adalah STATUSNYA. Sama-sama adalah Elohim. Contoh yang mungkin bisa sedikit menggambarkan adalah seorang raja, ratu, dan putra mahkota adalah berbeda satu dengan yang lain. Tetapi kesamaan dari ketiganya adalah mereka anggota keluarga kerajaan.

4. Sederhananya : KAPAN PUN SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA. Contoh: untuk artikel berikut yang akan diposting, hal itu tiba-tiba saja "diajarkan" ketika penulis sedang mandi.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar